irrashaimase..
KOPI (komunitas popok Indonesia)


Minggu, 26 Agustus 2012

Ketika Artikel Tentang Miras Berhadiah Laptop

"Iseng-iseng berhadiah"..kata-kata itu melintas di pikiran saya ketika membaca lomba blogger di kota kelahiran saya. Mata ini silau melihat hadiah yang ditawarkan *100% jujur*. 1 2 3 secepat jaringan 3G saya menuju ke blog lain untuk mengintip bagaimana cara membuat blog, 4 5 6 jadilah wetpopok.blogspot.com. Dan selanjutnya apa, ah saya sampai lupa kalau tema artikel ini bukanlah curhat tapi tentang "Brenti Jo Bagate" logat manado yang kalau saya terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya Berhenti Minum Minuman Keras. Tema tersebut merupakan sebuah program yang sedang diseriusi Kepolisian Daerah Sulawesi Utara sekarang ini. Sering saya melihat baliho dan stiker bertuliskan "Brenti Jo Bagate" di pusat kota Manado dan juga razia-razia yang dilakukan polisi di berbagai titik di kota ini. Sekarang yang menjadi pertanyaan saya minuman keras yang seperti apa yang tidak boleh kita minum? wah saya tidak perlu membahas nama-nama minuman keras disini..nanti yang ada seperti promosi..hehe

hmm..mungkin pertanyaan saya agak sedikit menggelitik para aparat karena sudah jelas minuman yang mengandung alkohol yang tidak boleh diminum. Tapi pada kenyataannya, bukan hanya mereka yang bergerombol di lorong-lorong yang pantas menerima slogan ini karena kita tidak boleh menutup mata dengan yang ada di sekitar kita. Orang tua kita mungkin, teman kita mungkin, dan siapa saja yang kadang terlalu sungkan bagi kita untuk diberikan saran. Karena memang kita sadari bersama, untuk memberi saran kepada orang lain tentang minuman keras bisa membuat kita mendapatkan julukan 'sok suci' *kisah nyata bukan ilusi* :D

Kembali ke miras, huhuhu saya bingung harus mulai darimana karena masuk tempat dugem saja belum pernah 1 kali pun *kejujuran yang tidak dipercaya teman-teman saya*. Sebagai seseorang yang awam tentu hal yang lucu ketika harus menulis artikel dengan tema ini, tapi disini justru saya ingin menyampaikan sudut pandang saya seorang gadis lugu nan baik hati ketika melihat seorang 'drunken master' (drunken master; istilah untuk orang yang suka minum di kompleks saya). 

Untuk kalian para 'drunken master' :

 1. Wajah Memerah
Apa yang ada dipikiran kalian ketika minum minuman keras? rata-rata para 'drunken master' ini menjawab "menghilangkan beban pikiran yang menumpuk". uhhh om, brur, tuan..mungkin memang masalah hilang sejenak..tapi bagaimana dengan wajahnya itu? merah seperti udang rebus o.O'
poin pertama : mendapat malu

2. Bau Mulut
Masalah yang ini sangat rentan bagi setiap manusia yang malas menyikat gigi. Butuh Cairan penyegar mulut untuk menghilangkannya. Tapi para 'drunken master' ini malah menambah bau mulut mereka dengan alkohol. iuwh --'
poin kedua : mendapat bau mulut

3. Cegukan Berkepanjangan
Kata 'drunken master' : "kacang mana kacang HiiiK mantep nih minumannya HiiiK". Kalau kata para pemain game online ini dia yang disebut CCD (cacad) -__-"
poin ketiga : Jadi Cacad

4. Jalan Sempoyongan
Maju kena, mundur kena..ke kanan/kiri tidak bisa alias diam ditempat dengan kaki terus bergerak. Seperti melihat seorang penari shuffle dadakan yang berakhir di selokan. Mungkin itu alasannya begitu banyak selokan di kota ini karena disitulah para 'drunken master' berlabuh.
poin keempat : tidur di selokan

5. Kerasukan Hantu Kepekaan Yang Berlebihan
Dilihat orang marah, disapa orang langsung meluk, diberikan candaan langsung tersinggung dan semuanya itu bisa berujung di UGD rumah sakit atau pengadilan. Kenapa saya menggunakan istilah kerasukan? karena pada dasarnya setiap manusia mempunyai hikmat dalam bersikap, tapi kalau sudah seperti 'drunken master' kita bisa berubah 180 derajat. Ingatlah itu mamaku, papaku, omku, tanteku, sahabatku, siapapun kalian yang membaca ini.
poin kelima : Kerasukan

6. Pusing, Mual, dan Muntah
Seperti gejala kehamilan. saya sampai tidak dapat berkata-kata lagi.
poin keenam : Sakit

7. Mata Merah
Bayangkan para 'drunken master' ketika mata anda merah. Tentu saja seperti Genderuwo. Titik!
poin ketujuh : Menjadi Saudara Genderuwo

8. Amnesia Sesaat
Tiba-tiba lupa dengan segala hal. Ditanya ini tertawa, ditanya itu tertawa. Bahkan setelah mabuk pun, para 'drunken master' ini lupa apa saja yang mereka lakukan ketika mereka mabuk. Sungguh tragis menurut saya.
poin kedelapan : Jadi Pasien RSJ

9. Rabun Senja
Mirip ayam juga..para 'drunken master' ini ketika melihat seseorang harus dengan pandangan yang amat tajam dan ditambah dengan alis yang ditekukan. Ketika saya bayangkan, terlihat seperti psikopat.
poin kesembilan : Jadi Psikopat

10. Rambut Acak-Acakan
Tidak tahu apa yang menyebabkan para 'drunken master' ini jadi hobi menggaruk kepala ketika mabuk. Ketombe berlebihan bisa jadi keluar pas alkohol naik ke otak. *saya menulis sambil membayangkan* mudah-mudahan anda juga bisa membaca sambil membayangkan.
poin kesepuluh : Ketombe-an tidak pada tempatnya

Siapapun kalian yang membaca artikel saya ini, segeralah beritahukan semua ini kepada kerabat keluarga dan sahabat..dan tentu saja saat memberitahukan ini diselipkan kata "Brenti Jo Bagate" untuk orang manado. Tentu saja satu-satunya alasan karena kita tidak mau melihat mereka sakit, bertingkah aneh, apalagi menjadi saudara Genderuwo. Tunjukkan kita benar-benar peduli. Karena kebanyakan orang 'brenti bagate' karena mendapat perhatian yang tulus dari orang-orang terdekat. aww :')

dari saya dengan logat manado :
"brenti jo bagate ne mama, papa, tamang-tamang, om, deng tante..klo ngoni tanya kyapa kita bilang ini karena kita sayang pa ngoni"

terjemahan ke bahasa Indonesia:
"berhenti minum minuman keras ya mama, papa, teman-teman, om dan tante..kalau kalian bertanya kenapa saya mengatakan ini karena saya sayang kalian"

n.b : 10 poin di atas belum termasuk akibat-akibat lain yang bisa disebabkan oleh minuman keras dan bisa anda temukan di blog-blog tetangga yang kalau kita baca baik-baik sampai merusak organ tubuh kita dan sudah pasti jika seperti itu biaya pengobatannya mahal, jadi sekali lagi "brenti jo bagate" karena banyak ruginya daripada untungnya. Sayangi diri sendiri agar orang lain menyayangi kita :)

dan tentu saja tulisan ini saya buat untuk diikutkan lomba blog oleh telkomsel, kawanua blogger dan Polda Sulut..salam damai



Tidak ada komentar:

Posting Komentar